Indonesia vs Thailand

ini adalah komentar teman saya mengenai perfileman di Indonesia. (fb : agus rich) lebih tepatnya bukan film sich tapi “sinetron” yang episodenya bisa nyampe ratusan.ini hanya untuk pengetahuan dan perbandingan saja. lets chek it dott… semoga bermanfaat

***

Sedikit nyubit perfilman Indonesia VS Thailand

Di televisi indonesia ada banyak pilihan drama remaja, namun dengan
penggambaran yang kadang berlebihan alias lebay, contohnya siswa
yang terlihat sangat berbeda disekolah ; rambut super gondrong,
kendaraan mewah, rok super pendek dan lain lain yang kadang tidak
cukup realistis menggambarkan suasana sekolah secara umum..
mungkin berkiblat pada drama korea atau amerika yang sekolah aja
bisa gak pake seragam, sekolah mewah dll.
sekarang kita coba menengok ke negara thailand deh, di negara ini
industri filmnya cukup maju, plot filmnya juga tidak monoton dan
menarik untuk diikuti, buktinya banyak orang dari negara lain yang
menyukai film film thailand termasuk saya, padahal thailand sendiri
merupakan negara ke dua penyerap budaya k-pop setelah jepang,
maka dari itu banyak gelaran k-pop di negara ini, bahkan salah satu
warganya bisa menjadi artis terkenal di korea.
selain film, saat ini saya juga menyukai salah satu drama televisi atau
sinetron thailand yang berjudul “hormones the series – the confession
teen” sebuah sinetron dengan latar cerita anak sekolah dan
problematikanya, yang perlu diingat pertama adalah bahwa ada
perbedaan mencolok dalam mindset orang indonesia dan thailand jadi
jelas saja problematika yang dimaksud disini juga “sangat thailand”
dan gak terlalu indonesia, problem yang dimuat sinetron ini misalnya
pertemanan, kisah cinta, kebandelan, dan lain lain.
perbedaan ini contohnya adalah di thailand sex itu legal tapi bukan hal
umum, dan gay juga bukan merupakan hal baru namun masih sedikit
tabu.
yang menarik dari hormones the series ini adalah penggambaran
karakternya yang realistis, tidak berlebihan dan bahkan saya merasa
“seharusnya sinetron indonesia itu seperti ini….”, semua karakter
diceritakan dengan simple dan bisa dipahami dengan konflik yang
nyata ada di dunia sekolah (karena saya juga pernah sekolah) dan juga
dirumah, tata sekolah dan ruang kelasnya juga masih realistis, bersih
dan rapi seperti standar sekolah indonesia, saat dikelas ada yang
ngobrol, saat upacara malah ribut kaya pasar, pacaran dengan teman
sekolah, cewek cewek bergosip, cewek yang menyakiti cewek lain
karena merasa cowoknya direbut, pokonya konflik yang digambarkan
antar karakter terlihat nyata dan tidak lebay.
selain menggambarkan kehidupan di sekolah, sinetron hormones ini
juga menggambarkan kehidupan karakter di lingkungan keluarga yang
lagi lagi menurut saya mengacu pada fakta dan realistis, tidak ada
rumah super besar, clubbing tengah malam, semuanya masuk akal.
yang menjadi poin kesukaan saya secara pribadi dari sinetron ini
adalah apresiasi mereka terhadap seragam sekolah, ketika di sekolah
mereka semua terlihat sama : rapi, bahkan seragam itu kadang melekat
sampai malam hari dan juga aksesoris yang dibawa ke sekolah, tidak
ada yang menunjukan kemewahan berlebihan walau gadget yang
digunakan rata rata produk apple.
secara keseluruhan (karena episode masih berjalan) hormones the
series menampilkan cerita yang menarik dalam porsi yang wajar,
ditujukan bagi para remaja dan juga orang tua karena menampilkan sisi
baik dan kelam yang mungkin dihadapi di masa remaja.
yang jelas ini adalah drama yang sangat recomend sekali terutama bagi
teman teman terutama penikmat film thailand atau mau mencoba
menonton drama thailand.
sebenarnya ada ketakutan tersendiri ketika saya menuliskan post ini,
ketakutan bahwa nantinya tanpa sengaja saya melihat adegan dalam
sinetron thailand ini “dijiplak” sinetron dalam negeri, seperti sering
kejadian sebelumnya

Advertisements

2 thoughts on “Indonesia vs Thailand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s